Cara Memulai Menulis Blog di Tahun 2021

Cara memulai menulis blog di tahun 2021 diperlukan untuk teman-teman yang telah atau akan memutuskan untuk menulis blog. Kita awali pembahasannya dengan mengetahui berbagai alasan untuk memulai sebuah blog di tahun 2021 ini.

Selamat membaca, semoga dapat membantu membuatmu memutuskan untuk memulai menulis blog.   

Nah, saya sangat tertarik dengan tulisan di ProBlogger.com berikut ini. Di dalamnya dijelaskan berbagai hal yang sedang kita hadapi saat ini, kemudian bagaimana blog mampu membantu memberikan manfaat untuk kita, pembaca, dan juga masyarakat luas.  

Selamat membaca uraian berikut ini.  

Dunia membutuhkanmu saat ini.  

Saat ini kita menemukan diri kita di dalam masa yang gila dengan pandemi Covid-19.  

Apa yang berarti untuk kita di dunia ini dan tempat kita hidup atau dampak pada kehidupan kita di tahun ini dan juga hal-hal yang tidak terlihat tetapi akan berubah di tahun-tahun yang akan datang.  

Dengan begitu banyaknya orang yang terdampak, kerugian ekonomi, dan suatu kehidupan yang benar-benar baru, serta tantangan yang kita hadapi.  

Bagi kebanyakan orang, tahun 2020 penuh dengan ketakutan, ketidakpastian, dan terlalu berlebihan serta membuat kita tidak peduli.  

Saat ini dunia memerlukan harapan, hal-hal yang positif, dan solusi yang praktis untuk masalah yang baru atau yang mengemuka.  

Kita membutuhkan tempat untuk bersama-sama di mana masyarakat dan orang-orang terdekat dapat bersatu. Terutama di masa ini, ketika secara fisik orang terisolasi. Dunia membutuhkan ruang virtual dan ruang yang aman, di mana mereka dapat menemukan rasa nyaman ini.  

Karena itu dunia memerlukanmu. Kemudian kamu membutuhkan blog untuk menyampaikan atau menjadi sebuah platform dan rumah untuk konten-kontenmu dan juga komunitasmu untuk menjadikan dunia tempat yang lebih bagus lagi.  

Kenapa kamu harus memulai sebuah blog?  

Pertama adalah untuk meningkatkan kehidupan orang.  

Satu di antara banyak keuntungan menulis blog adalah peluang untuk membuat dunia yang kita tinggali saat ini menjadi tempat yang lebih baik lagi. Dan ketika tidak semua blog melakukan hal itu, banyak yang lain melakukannya dengan cara masing-masing.  

Blog saya misalnya adalah tentang fotografi dan blogging. Itu tentu saja bukanlah topik yang akan membuat perbedaan besar di skala global.  

Tapi saya tahu, setiap kali selesai menerbitkan sebuah konten setiap hari selama 15 tahun di blog, ternyata telah membuat perubahan bagi kehidupan banyak orang.  

Beberapa tahun lalu saya membagikan tulisan mengenai seseorang yang menghampiri saya di sebuah konferensi dan menyampaikan bahwa blog saya ini telah menyelamatkan pernikahannya.  

Kemudian yang lain membagikan bagaimana mereka membangun usaha yang sangat penting dari berbagai hal yang kami publikasikan.  

Blogging dapat mengubah hidupmu sebagai seorang blogger dengan berbagai cara, tetapi pengalaman-pengalamannya justru jauh lebih berarti dan bermakna ketika kamu menyadari bahwa media ini dapat digunakan untuk menginspirasi, mengedukasi, dan memberikan orang lain perasaan memiliki.  

Kedua Meminjamkan Suara Kita kepada Orang Lain

Media ini atau blogging juga menyediakan banyak sekali peluang untuk menjelaskan atau meminjamkan suaramu kepada orang lain mengenai suatu tema yang sangat penting.  

Salah satu pengalaman saya yang sangat berarti adalah ketika melakukan perjalanan ke Tanzania dan melihat pekerjaan ajaib satu organisasi yang bekerja bersama orang-orang di sana yang kebetulan adalah para difabel di negara tersebut.  

Dengan menggunakan blog saya untuk menyuarakan hal yang sangat penting itu, menjadi suatuh suatu pengalaman yang ajaib.  

Kami juga telah menyampaikan saran-saran mengenai topik dan motivasi untuk membongkar apa alasanmu atau your why.  

Sehingga kamu mempunyai suatu tujuan yang jelas dan menarik untuk aktivitas blogging akan membuatmu bertahan termasuk juga para pembacamu untuk melalui situasi yang sulit.  

Bangunlah komunitas  

Isolasi telah memberi saya makna, bahwa manusia adalah makhluk sosial.  

Kita memerlukan masyarakat atau komunitas agar lestari. Seperti juga sebuah blog memerlukan komunitas untuk bertahan.  

Dengan membangun komunitas di sekitar atau dari blog Anda,  maka anda telah membuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain, dan juga untukmu sendiri.  

Ketika saya melihat hampir 20 tahun lalu ketika saya mulai membuat blog, banyak cerita atau highlight mengenai orang-orang yang bertemu dengan saya dan berinteraksi dengan saya.  

Tahun-tahun untuk membuat sesuatu atau konten yang bermanfaat, membangun brand membangun pembaca, dan juga membangun kepercayaan dengan audiens membuka banyak sekali peluang untuk pertemanan, kolaborasi dan juga kesempatan.  

Kamu tidak akan pernah berhenti sekarang ketika hubungan ini terjadi. Kemudian juga menjadi cara untuk menghasilkan secara finansial, tetapi lebih sering blog membangun suatu pertemanan dan juga rasa memiliki dalam suatu komunitas yang saling mendukung dan dinamis.  

Menghasilkan uang  

Blog adalah tempat yang sangat khusus atau spesial di internet yang menjadi milikmu dan juga mampu kamu bangun sebagai sebuah bisnis.  

Salah satu alasan yang dapat saya berikan untuk mereka yang baru memulai membuat blog adalah bahwa media ini dapat sangat menguntungkan.  

Saya tidak berkata setiap blog akan memberikan keuntungan. Namun, banyak blogger yang meningkatkan aliran pendapatannya dari blog mereka baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Saya seringkali takjub pada bagaimana caranya sebuah blog menyediakan pendapatan pada banyak keluarga di tahun-tahun yang telah lalu.  

Tidak semua blogger yang menghasilkan uang dari blog sampai pada aktivitas penuh waktu. Namun, sangat mungkin untuk membangun penghasilan yang signifikan dari kegiatan ngeblog.  

Seperti juga menghasilkan uang dari blog, kamu juga bisa menggunakannya untuk mempromosikan bisnismu sendiri atau menjual jasamu sebagai seorang freelancer, coach, atau pembicara dan lainnya.  

Blog dan Branding

Blog memungkinkan untuk mengembangkan profil Anda dan membantu menemukanmu melalui mesin pencari dan media sosial.  

Yang paling penting adalah membangun brand atau merek, kredibilitas, otoritas, dan juga kepercayaan dengan klien atau calon klien.  

Saya juga tidak bisa menghitung berapa kali blogger menggunakan blognya untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih tradisional. Pada kasus ini, blog mereka menjadi semacam ringkasan dari riwayat hidup mereka.  

Kemudian aspek lain dari membangun blog yang menguntungkan adalah pada suatu saat kamu dapat menjualnya, meningkatkan diri sendiri, dan juga membangun kepribadian.  

Ketika blog secara ajaib menjadi dasar dari bisnis saya dan juga telah membuka berbagai kesempatan untuk menghasilkan pendapatan, salah satu keuntungan yang paling penting adalah sama dengan alasan Ketika saya bergabung atau membuat blog, yaitu bahwa blog telah menjadi tempat bagi saya untuk mengekspresikan diri saya.  

Sesuatu yang sangat kuat terjadi ketika kamu terbiasa dengan kebiasaan keteraturan dan menulis pikiran, ide, cerita, dan juga pendapat.

Orang telah melakukan hal ini selama berabad-abad di buku harian yang sangat pribadi atau jurnal. Tapi untuk menghadirkan beberapa hal ini di hadapan publik atau forum untuk orang lain dan untuk berinteraksi telah menjadi pengalaman yang sangat positif untuk saya.  

Memiliki tempat untuk mengekspresikan diri telah memberikan berbagai keuntungan pribadi dalam meneliti dan menulis ribuan artikel selama bertahun-tahun.  

Maka inilah yang saya pelajari.  

Saya belajar banyak sekali mengenai topik yang saya tulis, mengidentifikasi, menajamkan dan memperdalam ide-ide dan juga opini.  

Kemudian memperbaiki bagaimana saya menyuarakan suatu aspirasi, mengembangkan kemampuan menulis, dan juga berkomunikasi membangun disiplin, menemukan sarana untuk bekerja secara kreatif, menghadapi ketakutan, keraguan dan tumbuh dengan penuh percaya diri.  

Daftar ini dapat terus bergerak, tapi yang paling penting adalah saya merasa menjadi orang yang lebih baik dengan memiliki blog.  

Jadi apakah kamu perlu membuat blog di tahun 2021?

Sayangnya saya tidak dapat menjawab pertanyaan itu untukmu, tapi saya dapat mengatakan bahwa di tingkat personal memulai sebuah blog adalah salah satu hal paling ajaib yang pernah saya lakukan.  

Blog telah mengubah arah atau jalan hidup saya dengan berbagai cara. Ini menolong saya untuk membangun dan mengembangkan diri secara personal.  

Blog membangun, memulai, dan menumbuhkan bisnis yang telah memberikan keluarga kita pendapatan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.  

Ini juga membangun komunitas atau kesempatan pertemanan dan kolaborasi dengan orang-orang yang luar biasa.  

Ini memberikan saya cara untuk melakukan suatu hal yang sangat berarti dan dalam skala sangat kecil mungkin telah membantu atau membuat perbedaan pada orang lain.  

Saya harap ini dapat memberi inspirasi kepada Anda untuk bergabung dan memulai sebuah blog di 2021. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis untuk Memancarkan Pesan

Menulis Menyampaikan Suara Sang Penyair

Menulis adalah Latihan Tanpa Henti