Menulis adalah Membagi Pekerjaan

Seringkali Anda mengalami kesulitan saat mengawali surat elektronik, proposal, atau pidato. Anda dapat mencoba tips berikut ini untuk mengatasi kesulitan tersebut. 

Cobalah melewati kesulitan-kesulitan itu dengan membagi pekerjaan menulis itu menjadi beberapa pekerjaan yang mudah dikelola.

Betty Sue Flowers, seorang penulis dan guru menyampaikan langkah-langkah yang berawal dari empat karakter berbeda di otak kita.

  1. Orang gila, yaitu dengan lahap mengumpulkan berbagai penelitian dan bermacam-macam materi lainnya untuk proyek menulis, tetapi secara rajin menyimpan berbagai kutipan, catatan, dan sumber-sumbernya.
  2. Arsitek, bertugas untuk menyusun bahan-bahan mentah yang telah dikumpulkan orang gila ke dalam kerangka yang masuk akal. Kemudian disaring ide-ide tersebut ke dalam tiga hal.
  3. Tukang kebun, bertugas mengikuti rencana arsitek, dengan cara menulis secepat mungkin, tanpa khawatir terjadinya kesalahan-kesalahan.
  4. Hakim, adalah petugas terakhir yang melakukan penyuntingan naskah, pemolesan, dan perbaikan materi-materi tulisan.

Akhirnya, lakukan empat hal tersebut ke dalam langkah-langkah yang berbeda. Setiap waktu fokuslah pada satu bagian atau elemen dari proses penulisan.

Source: Divide Your Writing Project into Manageable Tasks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis untuk Memancarkan Pesan

Menulis Menyampaikan Suara Sang Penyair

Menulis adalah Latihan Tanpa Henti