Dua Kata Terpenting untuk Menulis

Anda baru akan memperoleh keuntungan dari menulis ketika pembaca Anda memperoleh keuntungan lebih dahulu.

Kata paling penting (pertama) bagi seorang penulis adalah 'Anda' atau 'kamu' atau 'loe' atau apa pun itu selain 'saya', 'aku', 'gue', dan 'inyong' atau apa pun itu yang menunjuk ke diri Anda sendiri.

Jika Anda menulis blog untuk pemasaran (marketing) atau hubungan masyarakat (public relations), maka setiap tulisan sebaiknya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan orang lain.

Sebab, setiap orang tertarik untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Oleh sebab itu, strateginya adalah dengan memaksimalkan penggunaan 'Anda' dan meminimalkan penggunaan 'Saya'.

Kata paling penting kedua bagi seorang penulis atau blogger adalah 'karena'.

Suatu konten yang menarik adalah konten atau tulisan yang spesifik. Alasannya adalah karena semakin spesifik, maka semakin tinggi kredibilitas poin-poin, argumen, dan juga penawaran yang Anda berikan.

Agar lebih spesifik, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan alasan. Kemudian kata penghubung untuk menyajikan alasan adalah dengan menggunakan 'karena'.

Contohnya, "Permisi, saya memiliki lima halaman, bolehkah saya menggunakan mesin foto copy-nya? Karena saya harus memfoto copy halaman-halaman itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis untuk Memancarkan Pesan

Menulis Menyampaikan Suara Sang Penyair

Menulis adalah Latihan Tanpa Henti